Hey, another 'Hoga alumni' are tying the knot! :)

May 25, 2011

Wedding Venue

Filed under: Venue, Wedding — missnzl @ 9:55 am

He popped the question. I said yes. A wedding date was decided on. Next thing that comes to mind is the wedding venue.

Point2 dibawah ini membantu banget dalam menentukan wedding venue:

1. Jumlah tamu yang akan diundang
2. Apakah mau tempat yang berbeda antara akad dan resepsi
3. Membuat list tempat2 yang appealing untuk kawin ^^: Hotel, Function House, Garden, Mosque.
4. Mengunjungi tempat2 diatas for comprehensive investigation on (+) and (-) points dari masing2 tempat itu *emang Silet/Insert doang yg bisa investigasi :D*.
5. Membandingkan harga & fasilitas.

Aaand… the following answer helps us to narrow down the options:
1. Jumlah tamu: 700 pax

2. Akad nikah maunya di Masjid At-tin, this is unnegotiable ;). Resepsinya sih boleh dimana ajaaah.
Tapi kenapakah gerangan bridezilla kekeh surekeh Akad-nya harus di At-tin? Ini alasannya:
• Mosque is a place of worship, tempat yang penuh kebaikan dan kemuliaan, akad nikah came from religion dan merupakan sesuatu yang indah juga sakral, jadi rasanya pas sekali kalau dilakukan di Masjid. I’m not saying that those who’s not married in a mosque make their union less sacred, no. It’s a matter of preference aja.
• At-tin is such a beautiful mosque, who doesn’t agree :)

3. Selanjutnya bikin list tempat2 yang menurut saya sungguh teramat sangat appealing for a wedding reception:
• Plataran Cilandak
• The Roemah 7A
• Rumah Saya
• Rumah Sarwono
• Wisma Saco
Now as you can see on my list there’s no hotel nor function room-nya gedung perkantoran at all, alasannya ya apalagi kalau bukan karena this bridezilla is not a big fan of ‘kondangan’ ke hotel atau gedung perkantoran hehe… ribet yee! Judge me :D.

4. Dari hasil investigasi mengenai tempat2 diatas, turns out those places share one thing in common, and that one thing plays an important role dalam menciptakan suasana yang nyaman bagi para tamu. Apakah gerangan satu hal itu? Taaadaaa…………………… ——> “Parking space”. Jadiii… parkir tamu di ke-5 tempat diatas agak susah, basically harus pake valet service lah, atau kalaupun mau parkir sendiri si tamu bisa naik shuttle car yang sudah disediakan. Well I don’t like the idea. Karena ngga semua orang mau/suka mobilnya di parkirin petugas valet service :P. Apalagi setelah saya denger cerita dari seorang teman yang waktu kuliah di US nyari tambahan uang saku dengan berkerja jadi petugas valet, geez you don’t wanna know what he did to a Lamborghini *jitak Endi!*. No kidding.

5. Perbandingan harga (venue only) *price as of Feb 2011*.
• Plataran Cilandak IDR 45,000,000
• The Roemah 7A IDR 18,000,000
• Rumah Saya IDR 18,000,000
• Rumah Sarwono IDR 20,000,000
• Wisma Saco IDR 14,000,000

Kalau dari segi fasilitas:

• Plataran Cilandak

Pic courtesy of http://www.plataran.com

Fasilitas:
- Dua tenda kerucut dengan ukuran (5×5) meter
- Beberapa kursi antik
- Kursi future + cover Putih
- Meja makan + kursi
- Meja panjang + sofa rotan
- Meja kayu + kursi
- Meja oval + kursi
- Sofa tirai rotan
- Sofa gebyok
- Kursi sofa kayu
- Obor bambu
- Swimming pool
- Sound system standard
- Area permainan anak-anak
- View untuk photo pre wedding
- Izin keamanan
- PLN ( listrik yang digunakan )
- Genset
- Valet Parking
- Free menginap 1( Satu ) malam di villa Nismara
- Free rumah Kudus untuk dipakai pada saat pemakaian sewa Plataran per 6 jam .
- Compliment: 3D2N Honeymoon at Garden Villa – Novus Bali

Additional Charges:
- Penambahan waktu pemakaian Rp. 2.000.000 / jam.

• The Roemah 7A

Pic courtesy of http://www.360cities.net

Fasilitas:
- Indoor & Outdoor.
- Listrik 25.000 watt.
- Kamar Rias pengantin, orang tua & among tamu.
- Joglo beserta hiasan gebyok.
- Ornamen barang-barang antik.
- Meja2 dan kursi antik.
- Swimming pool.
- Izin keramaian dari Kepolisian.
- Tersedia Shuttle Car.

Note & Additional Charges:
- Penambahan waktu pemakaian Rp. 2.000.000 / jam.
- Wajib menggunakan vendor catering The Roemah 7A.
- Supllier Dekor non vendor di charge Rp. 3.000.000.
- Supplier Photographer dan Videographer non vendor di charge Rp. 500.000.-.
- Penambahan daya listrik dikenakan charge sebesar Rp. 100.000,- per 1.000 watt.
- Pemakaian Tenda, Kursi, Ac, Genzet harus dari vendor The Roemah 7a.
- Pemakaian Soundsystem untuk Entertaiment harus dari vendor The Roemah 7a
- Menginfokan jumlah tamu untuk pengelolaan parkir.

• Rumah Saya

Additional Charges:
- Catering, tents, entertainment, decoration, photography and games are charged up to 10% from each of the total sum.
- Using piano inside the main house costs Rp 750.000.
- Using piano outside the main house costs Rp 1.500.000 (the developer is liable for the relocation fee).
- The upkeep of all the properties in this house is worth Rp 1.000.000. If no damage is found, the money will be refunded.

Plataran Cilandak is such a beautiful place for a wedding reception and honestly I’m in love with it hehe… tapi setelah saya hitung2 kalau resepsinya di Plataran plus biaya catering, decoration, wedding dress dan printilan lainnya, bisa2 honeymoon-nya cuma ke Jogja & Blitar doang sowan ke Eyang :D dan sebagai calon Chief Finance Officer yang baik tentu saja eike akan mati2an sampai tetes darah penghabisan (lebayness kick-in) menjaga supaya actual wedding cost tidak over budget :D *yak bagooos*.

Naksir No.2 & No.3 jatuh pada The Roemah 7A dan Rumah Saya, harganya masih within budget, tapiii… saya dan Mas Arief khawatir tamu2 susyee untuk menemukan lokasi rumah-rumah ini yang ada di Lebak Bulus dan Pejaten Timur.

Ditambah lagi percakapan dengan candidate make up artist waktu itu bikin malesss kaya gini:
MUA : Akadnya dimana?
Me : At-tin
MUA : Resepsinya?
Me : Mungkin di Roemah 7A, Lebak Bulus atau Rumah Saya, Pejaten Timur.
MUA : Boook ribet loooh… situ dari At-tin abis akad trus ke Lebak Bulus atau Pejaten?? Mana mau di paes pulak, segambrengan gitu sama rombongan keluarga berangkat dari TMII ke Lebak Bulus? Belum lagi macetnya jeng, itu Sabtu siang kan? Kecuali kalau akadnya sekalian di Roemah 7A!
Me : Noooooo……..!! Akadnya harus tetap di At-tin!!! *emosi jiwa*.

Akhirnya saya pun menyadari, bahwa akan tidak practical untuk mengadakan akad dan resepsi dengan jarak yang lumayan jauh satu sama lain, considering the traffic and the ribetness of ngangkutin tante/mbah/budhe/bu lik… belum lagi kalo nanti ada yang sanggulnya copot gara2 keseringan naik turun mobil :D.

The only choice left is cari tempat resepsi di daerah TMII. Bahkan yang lebih praktis lagi adalah kalau resepsinya di At-tin juga. Setelah saya telpon satu persatu wedding venue di TMII, ngga ada yang available untuk tanggal yang saya mau, eh ada ding… tapi either size-nya kegedean, jam-nya ngga pas, atau bangunannya kurang oke coz the building is not well maintained. The only venue yang lumayan “fit-the-bill” dan available is Ruang Serbaguna Masjid Agung At-tin. Well it seems like our fate to hold a wedding reception disana.

Pe-er saya sekarang adalah mikirin gimana caranya mendekor si Ruang Serbaguna Masjid At-tin itu supaya terlihat lega, nyaman dan sejuuuk! Nantikan reportase selanjutnya hanyuuaa di Insert inves-ti-ga-si! *sibak rambut*.

8 Comments »

  1. sama say aku juga pengen akad na di mesjid :D makanya milih2 gedung yang ada mesjid na xixixixi walaupun belom dapet swkwkwkwkwkk

    Comment by bumblebumz — May 25, 2011 @ 3:20 pm

  2. good luck in your search for the desired venue, bumblebumz :D… *semangaaat!!*

    Comment by missnzl — May 25, 2011 @ 5:11 pm

  3. Say… Kamu untuk resepsi di Attin kena berapa sewanya? Tahun lalu laki ku survey kesana, kena sekitar 60 jt tp udah semua nya sam dekor, dll. Mungkin itu yang paketan gedung nya kali y? Kamu ambil yg paketan ga ntar?

    Comment by Andhini — May 26, 2011 @ 5:55 pm

  4. Hi Dhini,

    Biaya sewa At-tin:
    - Akad nikah: 3 jt (std), 5 jt (VIP). Bedanya di sofa/kursi dan karpet yg dipakai.
    - Resepsi (ruang serbaguna) 8,5 jt.
    - Tambahan standing AC 5 PK @ 800rb
    - Guest House: 1,5 jt (24 hr usage).

    Ngga pake paket dari At-tin Dhin. Pake vendor beda2. Will write a detailed review on this later on.

    Comment by missnzl — May 26, 2011 @ 8:24 pm

  5. sip, i’ll wait for ur review deh..hihihi.. oia, kamu nikahan di tahun ini atau 2012? btw, dirimu namanya siapa yah? mau aku taro link blog kamu di blog aku. hehehe.

    Comment by Andhini — May 27, 2011 @ 12:43 am

  6. Tahun ini Dhin, insyaallah 1st week of October.
    Call me Nurul :). Aku malah udah link duluan ga bilang2 hehe :p

    Comment by missnzl — May 27, 2011 @ 8:14 am

  7. Okeh nurul.. Gpp..
    Oohh bentar lagi rupanya.. Aku masih tahun depan nih.. Kamu udh di dp semua ya vendor2 nya? Soalnya diliat dr isi blognya kayaknya udah fix semua. Hihi. Btw, 700 org undangan nya berarti 350 y? Muatkah attin segitu?

    Comment by Andhini — May 27, 2011 @ 8:20 am

  8. Belum DP, tapi udah dapet penawaran harga dari beberapa vendor, tinggal check beberapa hal aja trus kalau udah sreg semua baru deh DP.

    Ruang serbaguna-nya itu sebenernya untuk max capacity 500 orang, tapi karena didepannya ada selasar yang cukup luas, bisa digunakan untuk lokasi gubug2 makanan, supaya orang2 ngga terkonsentrasi di dalam semua.

    Comment by missnzl — May 27, 2011 @ 8:56 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: